PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork
Home » , , , » Parikan Jula Juli Lucu Jawa Timuran

Parikan Jula Juli Lucu Jawa Timuran



Humor bahasa Jawa terbaru 2015.

Parikan jula juli lucu mbanyol kocak gokil ala Jawa Timur. Dagelan ludruk koclok Suroboyoan ala Cak Kartolo, Kirun cs. Pantun jenaka koplak Jawa Timuran. Tradisi guyonan lucu bikin ketawa ngakak khas masyarakat / arek Jatim dan Madura: Surabaya, Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri. Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Batu, Mojokerto. Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Pandaan, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung.
Jula juli adalah parikan khas Jawa Timur. Sejenis pantun jenaka berbahasa Jawa. Kesenian olah kata tradisional yang sudah ada sejak zaman dulu kala dan diwariskan secara turun temurun. Fungsi parikan sebagai pitutur (nasehat) para orang tua kepada anak muda. Sering dibawakan dalam acara pentas kesenian tradisional ludruk. Contoh group ludruk Suroboyoan paling terkenal ialah Cak Kartolo cs, Supali cs dan Kirun cs.
Parikan jula juliterdiri dari 2 atau 4 bait. Bait pertama atau kedua merupakan “umpan pembuka”. Sedang bait ke 3 dan ke 4 adalah isi atau inti dari pesan yang hendak disampaikan. Bunyi terakhir dari bait “pembuka” harus mirip dengan bunyi kata terakhir dari bait “isi” sehingga “jatuhnya” terdengar enak.
Jula-juli yang baikbukan sekedar rangkaian kata-kata lucu semata. Tapi harus memberikan makna bermanfaat bagi pendengar serta pembacanya. Dalam ludruk Suroboyoan, jula-juli terdiri dari lima sampai delapan parikan yang saling terkait. Isi dari jula juli biasanya menggambarkan benang merah dari lakon / cerita yang akan dipentaskan.

Contoh humor boso Jowo jula juli lucu Jawa Timuran / Suroboyoan dapat Anda simak di bawah ini. Mohon maaf, bagi yang tak bisa bahasa Jawa silahkan translate sendiri ya, hehe


Panen klungsu mbarek mangan kwaci
Kurungan papat lugur kesampluk siji
Pancen lucu arek lanang zaman saiki
Durung disunat kok wis njaluk rabi

Ngemah kedele karo semongko
Lungguh ndodok mblusuk nok kamar
Bocah wedoke ya semono ugo
Durung iso cewok kok njaluk dilamar

Klopo enom aranane degan
Degan pitu kecemplung melamin
Opo bener omongane wong edan
Gendhakan iku mengandung vitamin

Pitik blirik sobo prapatan
Isih cilik ojo podo pacaran

Prapatan iku akeh krikile
Pacaran iku nggarahi kere

Budale bakul yen wayah esuk
Modal dengkul po ra clingak clinguk

Kepethuk jaran nok nggone Medan
Entuk pacaran nek wis nduwe sedan

Segane cemawis umup semure
Ndang cepet mangan munggah bale
Nek wis gede cukup umure
Tinimbang kebelet yuk nikah wae

Ringin gedi panggonane dedemit
Pring lumpang sesajene danyang
Pingin rabi ora nduwe dhuwit
Paling gampang yo jepitke lawang

Ki Painur nyanggong nyang kebon
Ono gludhuk peteng mbongkar omah
Iki pitutur nggo arek lanang wadon
Cekno gak kedluduk meteng di luar nikah

Kecap dibacem dicampur gulo
Mboten ngecap namung wicoro
Cekap semanten atur kawulo
Wonten lepat nyuwun sepuro

Parikan Jula Juli Lucu Jawa Timuran tadi semoga memberi sedikit pengetahuan tentang salah satu kekayaan budaya Jawa dan kebudayaan Indonesia pada khususnya. Mudah-mudahan sedulur sedaya terhibur. Maafkan jika ada kesalahan. Selamat tertawa.

Dagelan lawak Jowo terkait: